Apa Kata Mereka tentang Ensiklopedi Muhammad ?

Ensiklopedi Muhammad

Ensiklopedi Muhammad

Dr. Abdullah O. Nassef, Sekretaris Jenderal Rabitha ‘Alam-i-Islamia, Makkah
Mantan Presiden Universitas King Abdulaziz, Jeddah, Saudi Arabia

Bagi siapa pun yang berkeinginan untuk memahami kekuatan sesungguhnya dari pengaruh Islam terhadap sejarah kemanusiaan, tidak ada cara yang lebih baik selain dengan mempelajari kehidupan Sang Pembawa Islam dengan saksama dan objektif. Mr. Afzalur Rahman dengan meletakkan sudut pandang kepada Muhammad Saw. sebagai manusia dan pembawa risalah Allah, penuntun umat manusia, kepala pemerintahan dan negarawan, serta pemimpin militer, telah mencoba untuk menyajikan bahwa dalam beberapa aspek kehidupan tersebut, teladan yang ditampilkan seorang Nabi dapat menerangi jalan setapak yang berujung pada pemenuhan diri dan keberhasilan. Saya sangat menghargai Mr. Afzalur Rahman serta The Muslim Schools Trust, tempat beliau menjabat sebagai Deputi Sekretaris Jenderal, atas inisiatif mereka. Semoga upaya-upaya mereka dianugerahi keberhasilan.

Dr. M.A. Zaki Badawi,The Islamic Cultural Centre, London :

Allamah Afzalur Rahman, ketika menyediakan diri memikul tugas untuk menulis sebuah ensiklopedia sirah, sesungguhnya sedang melakukan suatu kebaktian yang sangat besar bagi Islam. Ini sebuah upaya yang fundamental dan signifikan, disumbangkan oleh seorang Muslim yang berkomitmen, yang telah berketetapan untuk mengabdikan usianya demi karya monumental ini. Ketika para pembaca Muslim mengikuti penjelasannya sepanjang ensiklopedia ini, mereka akan merasa bahwa Afzalur Rahman sedang menuntun mereka ke jalan yang benar, serta menyediakan bagi mereka informasi-informasi yang sangat jarang dihimpun dalam satu karya. Dia telah mempelajari dan merujuk semua bahan otoritatif berbahasa Arab dan mampu mempresentasikan informasi ini dengan bahasa yang akurat dan mudah dipahami.

K.H. Hasan Basri, Ketua Majelis Ulama Indonesia
(sambutan untuk buku Muhammad sebagai Pedagang, jilid 3 ensiklopedia ini)

Melalui telaah mendalam dan luas dari Dr. Afzalur Rahman, karya ini tentunya memperkaya khazanah perpustakaan keislaman di Indonesia, khususnya untuk berpikir dengan rasio dan zikir melalui nurani tentang nilai-nilai universal yang dibutuhkan manusia. Majelis Ulama Indonesia menyambut baik dan menyampaikan penghargaan kepada semua pihak atas kehadiran buku ini, semoga dapat memberikan nilai lebih, menambah wawasan dan rujukan untuk mencapai sukses bangsa Indonesia penuh limpah berkat dan rahmat Ilahi dalam menghadapi era perdagangan yang merambah segenap penjuru dunia.

Dr. H. Tarmizi Taher, Menteri Agama RI Kabinet Pembangunan VI (1993 – 1998)
(sambutan untuk buku Muhammad sebagai Pedagang, jilid 3 ensiklopedia ini)

Kehadiran (buku) Muhammad sebagai Pedagang diharapkan dapat memberi pelajaran dan wawasan yang lebih luas bagi para pembaca berkenaan dengan cara-cara beliau melakukan perniagaan. Nilai-nilai Islami dalam konsep perniagaan Rasulullah yang kala itu jenis perniagaannya masih bersifat “sederhana”, kiranya dapat disajikan dalam buku ini secara lebih luas dan dapat mendasari sistem perdagangan yang berlaku pada saat ini, dalam skala yang lebih makro dan modern. Untuk itu, kami menyambut baik usaha menerbitkan buku ini. Mudah-mudahan dapat diambil faedah dalam memacu dunia usaha (ekonomi) yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan.

Mar’ie Muhammad, Menteri Keuangan RI Kabinet Pembangunan VI (1993 – 1998)
(sambutan untuk buku Muhammad sebagai Pedagang, jilid 3 ensiklopedia ini)

Dengan diterjemahkannya buku ini, umat Islam di Indonesia sepatutnya bersyukur karena khazanah pengetahuan kita tentang tokoh sentral seperti Nabi Muhammad Saw. semakin luas. Demikianlah kiranya sambutan saya dan semoga usaha yang mulia ini mendapat ridha Allah Swt. dan memperkuat tekad bangsa Indonesia menjadi Bangsa Saudagar.

Klik disini untuk informasi detail tentang Ensiklopedi Muhammad.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>