+62 878 8711 8706 (Ocha) adm.bukuanakmuslim@gmail.com

Prophetic Leadership & Management Wisdom

Kecintaan kita terhadap Rasul sering hanya di bibir saja. Kita menyebut namanya, mengagungkan sifat-sifat nya pada bulan maulud, tapi setelah bulan maulud lewat kita kembali ke kantor, pasar saham, berdagang, wisdomnya Rasulullah SAW tidak pernah kita bawa. Ketika kita mempelajari leadership dan management, kita selalu berkiblat kepada timur dan barat, tidak pernah kita menggali bagaimana Rasulullah SAW menjadi seseorang yg benar-benar super dalam berbagai dimensi kehidupan.

ENSIKLOPEDIA PROPHETIC LEADERSHIP & MANAGEMENT WISDOM adalah karya terbaru Dr.Muhammad Syafii Antonio, M.Ec & TIM TAZKIA yang mencoba menggali berbagai WISDOM Rasulullah SAW.

Dikemas dalam 4 Jilid Eksklusif, Hardcover, dan Full Color.

Buku ini terdiri dari 4 jilid, yaitu:
1. SHIDDIQ
2. AMANAH
3. FATHANNAH
4. TABLIGH

1. SHIDDIQ

SHIDDIQ

Keunggulan pribadi atau personal excellence terbentuk dari pengejawantahan karakter shiddiq. Shiddiq tidak saja berarti benar tetapi yang lebih penting lagi adalah karakter shiddiq mewajibkan pemegangnya untuk selalu berpihak pada kebenaran dan memiliki ketangguhan jiwa. Dalam model ProLM terdapat 7 unsur pembentuk personal excellence. Unsur-unsur itu adalah Tauhid, Honest, Peace of Mind, Patience, Thankful, Halal Oriented, dan Istiqomah.

2. AMANAH

Amanah

Keunggulan antar pribadi di masyarakat hanya akan terjalin jika kita memiliki modal interaksi antar personal (inter-personal capital) yang baik. Hal ini terkandung dengan sempurna dalam karakter amanah. Amanah ternyata tidak bisa sendirian ia hanya akan muncul saat kita berinteraksi dengan orang lain. Amanah akan tampak jika seseorang “mengamanahi” kita satu tugas atau kepercayaan atau “amanah” jabatan. Dalam model ProLM terdapat 7 unsur utama pembentuk amanah yang meliputi Justice, Fulfilling Commitment, Reliability, Transparancy, Independency, Emotional & Physical Fitness dan Accountability & Responsibility.

3. FATHANNAH

Fathanah

Dalam model prolm fathanah tidak saja diartikan cerdas (fathn) tetapi kecerdasan ini akan muncul dalam berbagai bentuk kompetensi utama antara lain : knowledgeable & learning oriented,  itqan & quality focus,  strategic & tactful,  musyawarah, time consciousness, evaluation and continous improvement, dan tawakkal. Sifat fathanah akan melahirkan insan profesional dan memiliki kompetensi teknis yg tinggi (professionalism and technical competence).  Keunggulan ini sangat berguna untuk good governance dan professionalism yang menjadi tulang punggung dan kata kunci untuk sukses dalam institusi apapun.

4. TABLIGH

Tabligh

Tabligh harus diartikan sebagai leader yang memiliki visi masa depan dan mampu mengkomunikasikannya dengan efektif ( visionary &communicative leadership). Tanpa clear vision sang leader dan para pengikutnya akan kehilangan arah. Tanoa shared mission leader akan ditinggalkan followernya. Tanpa leading by example sang leader akan dicemoohkan. Tanpa motivasi yang menginspirasi (motivating and inspiring) sang pengikut akan menurun loyalitas dan produktifitasnya. Tanpa care and compassionate pengikut akan cepat letih dan jenuh. Sudah barang tentu tanpa teamwork segala cita cita leader tidak akan mewujud. Rasulullah SAW adalah seorang komunikator yang efektif  (Jawamiul Kalim)